13 Mar 2014

Semur (Telur) Betawi

Saya sekeluarga sering banget sarapan pagi berlaukan nasi uduk beserta semur telurnya. Sekali-kali pengin juga ngerasain weekend pagi-pagi makan nasi uduk dan semurnya hasil karya sendiri. Pasti bangga rasanya! Duluuuu banget pernah masak semur telur betawi, enak. Tapi sayang, mungkin karena jarang banget masaknya jadi lupa deh resepnya, hiks. Setelah coba-coba cari resep, akhirnya nemu juga nih resep semur betawi-nya Bunda Fatmah Bahalwan, yang namanya udah terkenal itu loh.. Alhamdulillah.. Mari kita eksekusi! Yiiiha.. ;) *semangat*


Semur (Telur) Betawi
 *ini penampakannya, bagusnya sih setelah telur, tempe, tahu, kentangnya dipisahkan dari kuah, kuahnya disaring dulu agar ga ada ampasnya dan tampilannya lebih cantik :)*



Resep dibawah ini adalah resep asli milik Bunda Fatmah Bahalwan dengan sedikit editan :)

Bahan:

  • 500 gr daging sapi haas, potong-potong (saya skip)
  • 250 gr kentang, potong-potong, goreng (versi saya, kentang di kupas, cuci, belah dua, tanpa digoreng)
  • 1 buah tomat, potong-potong (saya skip)
  • 8 butir bawang merah, iris halus
  • 3 lbr daun salam
  • 5 butir cengkeh
  • 5 cm kayu manis
  • 10 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt pala bubuk
  • 1 ltr air
  • 1 sdm margarine, untuk menumis
  • 8 butir telur ayam (saya tambahkan)
  • 4 potong tahu kacang hijau kecil (saya tambahkan)
  • 4 potong tempe (saya tambahkan)
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan


Bumbu halus:

  • 8 butir bawang putih
  • 8 butir kemiri
  • 3 cm jahe
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 sdt jintan


Proses Memasak:

  1. Panaskan margarine, tumis bumbu halus dan bawang merah hingga harum, masukkan daging, tomat, kecap manis, garam, pala, daun salam, cengkeh, kayu manis. Aduk rata.
  2. Tuang air, masukkan kentang. Masak hingga meresap dan matang. Angkat.
  3. (Kalau versi saya) Ambil telur, tahu, kentang dan tempe dan masukkan ke dalam wadah lain. Saring kuah semurnya. Hal ini dilakukan agar kuah semur tidak berampas :)
  4. Hidangkan selagi hangat dengan taburan bawang goreng, nasi uduk, emping/kerupuk.

2 komentar:

  1. hi mak? kok cuma fotonya aja mak? resepnya mana nih

    BalasHapus
  2. iya nih bunda, sengaja koq posting fotonya dulu biar blog walker atau blog stalkernya penasaran. jadi besok2 balik lagi liat halaman blog ini, hihi.. :p

    BalasHapus